Contoh Konsentrat Kambing Pedaging


Pakan Kambing

Ternakkambing.com-Pemeliharaan kambing merupakan suatu hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan dengan teliti. Jika salah kita dalam mengatur dan mengelola usaha ternak kita tidak sesuai dengan ketentuan optimal, maka bukannya untung yang akan kita dapatkan malahan rugi besar. Dalam pemeliharaan ternak secara intensif dan semi intensif, kita membutuhkan konsentrat sebagai nutrisi tambahan bagi ternak kambing kita. Salah satu contoh konsentrat kambing yang bisa kita gunakan adalah dengan berbahan dasar bekatul dengan tambahan bahan-bahan lainnnya. Fungsi konsentrat kambing disini bukanlah sebagai makanan pokok melainkan sebagai makanan tambahan kambing.
Baca juga: Jamu Kambing Agar Cepat Gemuk Ampuh

Konsentrat Kambing Pedaging

Konsentrat kambing pedaging berfungsi sebagai pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak kambing pedaging yang tidak tersedia pada pakan alami. Konsentrat kambing pedaging juga berfungsi untuk membantu mempercepat penggemukan kambing karena di dalam konsentrat terkandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang pembentukan lemak dan daging kambing pedaging. Berikut ini akan kita bahas mengenai contoh konsentrat kambing pedaging beserta bahan-bahan dan cara-cara pembuatannya.

Bahan-Bahan Pembuatan Konsentrat Kambing Pedaging

  • Dedak atau bekatul 70%
  • Bungkil kelapa 10%
  • Bungkil kedelai 9%
  • Jagung giling 5%
  • Garam dapur
  • Kalsium


Cara pembuatan:

Bahan-bahan tersebut dijadikan satu kemudian diaduk-aduk rata. Pemberian konsentrat dilakukan setiap hari dengan waktu pemberian pagi dan sore hari. Pemberian pakan dilakukan setelah kambing mengkonsumsi rumput. Pemberian konsentrat pada kambing sebanyak 2 sampai 3 ons per hari. Kambing yang telah dewasa diberi konsentrat sebanyak 3 ons per hari sedangkan kambing dengan usia 5 bulan diberikan konsentrat sebanyak 2 ons per hari.

Pemberian pakan hijauan disertai dengan pemberian konsentrat pada kambing memiliki pengaruh yang positif terhadap pertambahan bobot badan kambing. Ada perbedaan antara kambing pedaging yang diberikan pakan tambahan atau konsentrat dengan kambing yang hanya diberikan pakan hijauan. Pemberian pakan hijauan dan pakan tambahan (konsentrat) berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan kambing betina lokal. Rata-rata pertambahan bobot badan dari terendah dan tertinggi dapat dijumpai pada perlakuan K0 dan K2, yaitu sebesar : 0,792 lebih kurang 0,095 dan 1,392 lebih kurang 0,135 kg per ekor per minggu (Efi Rokhana dkk, Pengaruh Pemberian Pakan Hijauan dan Pakan Penguat ”Konsentrat” Terhadap Performance Kambing Betina Lokal , 2010: 46).

Itulah bahasan mengenai konsentrat kambing pedaging. Semoga tulisan mengenai Contoh Konsentrat Kambing Pedaging dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.
Tulisan lain : 
  1. Obat Nafsu Makan Kambing Manjur
  2. Alternatif Kambing Tidak Mau Makan
  3. Obat Batuk Kambing Ampuh
  4. Cara Memasarkan Ternak Kambing Efektif
  5. Resep Tongseng Kambing Jawa Mantap Jiwa
  6. Obat Kambing Mencret Ampuh


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Konsentrat Kambing Pedaging"

Posting Komentar