6+ [Cara Ternak Kambing] yang Mudah Tanpa Cari Rumput dan Tanpa Gembala


Kambing Kacang

Ternakkambing.com-Kambing merupakan hewan ternak ruminansia yang melakukan pencernaan makanan sebanyak dua kali. Kambing, Sapi, Domba, Kerbau dan Rusa merupakan hewan ruminansia yang mencerna makanan secara dua kali dan di dalam lambungnya dapat memfermentasi makanan menjadi nutrisi. Oleh karena itu, sebenarnya kambing dapat menghasilkan protein sendiri dari pakan yang dikonsumsinya karena di dalam perut kambing terdapat enzim dan bakteri yang mampu menghasilkan protein. 

Kambing Kacang merupakan kambing asli Indonesia yang sudah lama berkembang biak di Indonesia. Kambing kacang memiliki daya adaptasi yang tinggi dibanding dengan kambing jenis lainnya. Pemeliharaan Kambing kacang juga tidak sesulit pemeliharaan kambing jenis lainnya. Pemeliharaan kambing kacang dapat dilakukan dengan cara tradisional dan semi intensif. Berikut ini tahapan pemeliharaan kambing kacang tanpa ngarit atau tanpa mencari rumput yang dapat kita terapkan.


Persiapan Kandang Kambing Kacang dan Lokasi Kandang


Pada pemeliharaan kambing kacang, hendaknya lokasi kandang tidak terlalu berdekatan dengan pemukiman warga karena akan menimbulkan keresahan warga sekitar terhadap bau yang ditimbulkan. Sebaiknya kandang kambing kacang berlokasi dengan jarak paling tidak 200 meter dari lokasi pemukiman warga. Selain itu, lokasi kandang juga hendaknya dapat dilalui transportasi mobil untuk memudahkan pengangkutan pakan, kambing dan sebagainya. 

Persiapan Lahan Pakan


Persiapan lahan pakan merupakan faktor terpenting untuk usaha ternak kambing kacang tanpa ngarit. Pasalnya, dengan tersedia lahan pakan, maka kebutuhan pakan kambing kacang akan terpenuhi dengan sangat baik. Dalam hal ini, lahan pakan kambing kacang dipersiapkan agar peternak tidak susah payah untuk mencari rumput atau ngarit. Lahan pakan yang dimaksud disini bukan saja lahan pakan yang tersedia rumput seperti padang gembala. Perlu sedikit kami beri gambaran mengenai kambing kacang.

Secara garis besar, sebenarnya kambing kacang lebih memilih mengkonsumsi daun-daunan daripada mengkonsumsi rumput. Berbeda dengan domba yang lebih menyukai rerumputan daripada dedaunan. Penulis sudah membuktikan sendiri bahwa kambing dengan domba sangat berbeda selera pakannya. Kambing lebih menyukai dedaunan seperti daun nangka, daun waru, daun jambu, daun pisang, daun kakao, daun singkong, dan jenis dedaunan yang lainnya. 

Berdasarkan gambaran di atas, agar beternak kambing kacang tanpa ngarit bisa dilaksanakan maka perlu manajemen yang baik untuk emnyiapkan terlebih dahulu lahan pakan untuk kambing kacang. Lahan pakan tersebut juga dapat dimanfaatkan bersamaan untuk memperoleh hasil seperti nangka, maka kita hanya perlu mengambil limbah daun nangka sebagai pakan kambing. Atau daun lamtoro, yang merupakan pohon penaung pada perkebunan kakao. Untuk beternak kambing tanpa ngarit, kita dapat memanfaatkan semua limbah pertanian yang ada yang tentunya  mengandung nutrisi dan tidak mengandung racun. Pengelolaannya dengan cara melakukan fermentasi. Cara melakukan fermentasi akan dibahas di tulisan lainnya.

Pemilihan Bibit


Pemilihan bibit Kambing Kacang juga perlu memperhatikan beberapa hal. Hal yang penting untuk diperhatikan yakni meliputi :
  • Memiliki postur yang besar
  • Memiliki bulu yang halus dan tidak kusam
  • Memiliki sifat jinak keibuan, artinya mau menyusui anakan dan merawatnya
  • Memiliki ambing dua yang simetris
  • Jinak
  • Bebas dari penyakit

Pemeliharaan


Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan pemberian pakan yang rutin dua kali sehari. Selain itu, kambing kacang juga perlu diberikan minum serta mineral agar tidak terjadi defisiensi nutrisi sehingga kambing mengalami sakit.

Pembersihan kandang


Pembersihan kandang dilakukan minimal tiga hari sekali. Hal ini dilakukan guna mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit akibat kandang yang kotor dan banyak terdapat bakteri.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit


Hendaknya dilakukan pengecekan kesehatan kambing secara berkala. Pengecekan dilakukan dengan mengamati tingkah laku  dan gerak kambing kacang yang kita pelihara. Apabila terdapat kambing yang sakit, sebaiknya pisahkan dengan kawanannya untuk menghindari tertularnya penyakit ke kambing lainnya.

Itulah gambaran mengenai beternak kambing kacang tanpa mencari rumput. Semoga tulisan tentang cara ternak kambing tanpa mencari rumput dan tanpa gembala dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya. Terima kasih telah membaca tulisan ini. 
Baca juga :
  1. 5+ Kelebihan Ternak Kambing Kacang Lengkap 
  2. 25+ [Jenis-Jenis Kambing] di Indonesa dan Dunia lengkap 
  3. 5+ Kelebihan Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari Lengkap 
  4. 5+ Kelebihan Kambing Alpin Lengkap 
  5. 4+ Kelebihan Ternak Kambing Boer Lengkap 
  6. 4+ [Kelebihan Kambing Saanen] Lengkap Yang Penting Dipahami
  7. 3+ [Kelebihan Kambing Toggenburg] Lengkap


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "6+ [Cara Ternak Kambing] yang Mudah Tanpa Cari Rumput dan Tanpa Gembala"

  1. sangat bagus artikelnya
    padat dan sangat mudah di mengerti
    jangan lupa singga di : http://bandarqsakongonline.com/bandar-poker-terpercaya-di-indonesia/

    BalasHapus