10+ Cara ternak Kambing Etawa Bagi Pemula yang tepat dan sukses


Budidaya Kambing Etawa


Ternakkambing.com-Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha peternakan dianjurkan untuk memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai ternak dan manajemen untuk menjalankan usaha tersebut. Hal yang sama juga berlaku pada beternak kambing khususnya kambing Etawa. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh Anda yang ingin memulai usaha beternak kambing Etawa. Akan tetapi, jika Anda kurang menyukai sajian teori budidaya ternak kambing dengan aturan yang sangat banyak, maka berikut ini akan kami sajikan ringkasan mengenai budidaya kambing etawa.


Jenis-Jenis kambing Etawa

Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis kambing Etawa terutama yang ada di Indonesia. Pada mulanya, kambing Etawa berasal dari India dan kemudian dibawa oleh pedagang Arab dan India ke Indonesia. Di India, kambing Etawa dibudidayakan dan dimanfaatkan susunya sebagai minuman. Akan tetapi, lambat laun diketahui ternyata terdapat banyak khasiat susu kambing Etawa bagi kesehatan. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali orang-orang yang membudidayakan kambig Etawa untuk dimanfaatkan susunya. Sementara di Indonesia, kambing Etawa sudah banyak sekali mengalami perkawinan silang, maka banyak juga orang yang menyebut kambing Etawa sebagai kambing Peranakan Etawa atau sering disebut kambing PE.

Baca juga: Cara Beternak Kambing Boer Secara Tepat dan Sukses Tanpa Merugi
Berikut ini beberapa jenis kambing Etawa yang ada di Indonesia:


Kambing Etawa Kaligesing

Kambing Etawa Kaligesing atau kambing Peranakan Etawa (PE) kaligesing merupakan kambing Etawa yang banyak dibudidayakan di Kaligesing, Purworejo. Kambing Etawa Kaligesing merupakan hasil persilangan atau perkawinan antara kambing Etawa atau kambing Jamnapari India dengan kambing lokal atau kambing Kacang Kaligesing. Kambing Etawa kaligesing memiliki ciri warna bulu putih dominan dan biasanya terdapata warna hitam pada bagian dada ke kepala. Kambing Etawa Kaligesing merupakan kambing yang banyak dibudidayakan masyarakat Kaligesing untuk menghasilkan susu kambing Etawa karena dipercaya banyak kahasiat susu kambing Etawa. Salah satu khasiat susu kambing Etawa adalah untuk mengurangi resiko stroke.

Kambing Etawa Senduro

Kambing Etawa Senduro merupakan kambing Peranakan Etawa yang banyak dikembangbiakkan di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kambing Etawa Senduro juga merupakan hasil perkawinan antara kambing Etawa atau kambing Jamnapari India dengan kambing lokal atau kambing Lokal yang ada di wilayah Lumajang, Jawa Timur. Berbeda dengan kambing etawa kaligesing, kambing Etawa Senduro memiliki ciri warna bulu dominan berwarna putih menyeluruh dari kepala ke kaki. Kambing Etawa Senduro juga merupakan kambing penghasil susu kambing baik. Khasiat susu kambing Etawa Senduro juga tidak kalah dengan khasiat susu kambing Etawa Kaligesing.


Kambing Etawa Super

Kambing Etawa Super merupakan kambing Peranakan Etawa yang merupakan hasil seleksi dari berbagai kambing Etawa yang akhirnya terpilihlah kualitas super dari kambing Etawa. Kambing Etawa yang memenangkan juara kontes kemudian dijadikan sebagai Indukan sehingga menghasilkan kambing Etawa kualitas super atau sering disebut sebagai Kambing Etawa Super. Sudah tidak diragukan lagi, karena ukuran kambing Etawa ini yang super sehingga kambing ini memiliki penampilan yang besar dan juga menghasilkan susu yang banyak dan berkualitas.

Persiapan Kandang Kambing Etawa atau Kambing PE

Untuk memulai usaha budidaya kambing Etawa, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapan kandang. Persiapan kandang ini meliputi penentuan lokasi dan penentuan kapasitas kandang kambing. Untuk mengetahui lebih lengkap, maka baca juga tulisan tentang Persiapan kandang Kambing Etawa.

Persiapan Lahan Pakan Kambing Etawa

Untuk melaksanakan usaha secara kontinyu, maka sebaiknya jangan melupakan untuk menyiapkan lahan pakan. Hal ini penting karena ketersediaan pakan harus selalu ada untuk mendukung usaha ternak kita.

Pemilihan Bibit Unggul Kambing Etawa

Langkah berikutnya setelah persiapan kandang dan lahan pakan adalah pemilihan bibit unggul. Pemilihan bibit unggul ini didasarkan untuk menghasilkan keturunan yang unggul juga nantinya.


Manajemen Pemeliharaan

Manajemen pemeliharaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam beternak kambing Etawa. Beberapa hal terkait manajemen pemeliharaan adalah sebgai berikut:


Manajemen Pemberian Pakan

Manajemen pakan meliputi pengaturan pemberian pakan kambing Etawa yang dilakukan dua kali sehari yakni pada sore hari dan pagi hari.


Manajemen Perkawinan

Manajemen perkawinan meliputi pengaturan perkawinan kambing Etawa dengan membuat pencatatan umur, waktu melahirkan dan lepas sapih.

Manajemen Vaksin

Manajemen Vaksin merupakan pengaturan terhadap pemberian vaksin kambing guna mencegah timbulnya berbagai macam jenis penyakit.

Manajemen Kebersihan Kandang

Manajemen Kebersihan kandang merupakan pengaturan kebersihan kandang yang dilakukan minimal 3 hari sekali untuk menghindari bersarangnya bakteri penyebab penyakit.

Manajemen Pemasaran Kambing Etawa

Manajemen pemasaran kambing Etawa merupakan pengaturan pemasaran kambing Etawa untuk mencapai konsumen secara langsung. Secara lebih lengkapnya baca tulisan kami mengenai manajemen pemasaran kambing Etawa secara tepat..

Itulah tulisan mengenai cara ternak kambing Etawa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan ternak kambing etawa. semoga tulisan mengenai cara ternak kambing etawa dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya. Terima kasih telah membaca tulisan ini.
Tulisan terkait :
  1. Panduan Lengkap Cara Beternak Kambing Sukses Untuk Pemula 
  2. Kelebihan Kambing Boerawa Lengkap yang Penting untuk dipahami 
  3. Cara ternak Kambing Boerawa Secara Tepat, Menguntungkan, dan Sukses 
  4. Peluang Usaha Budidaya Kambing Etawa di Indonesia yang menjanjikan dan Menguntungkan 
  5. Cara Ternak kambing Kacang Secara Tepat dan Cepat Balik Modal serta Menguntungkan 
  6. 6+ [Cara Ternak Kambing] yang Mudah Tanpa Cari Rumput dan Tanpa Gembala


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Cara ternak Kambing Etawa Bagi Pemula yang tepat dan sukses"

Posting Komentar