Cara ternak Kambing Boerawa Secara Tepat, Menguntungkan, dan Sukses


Kambing Boerawa


Kambing Boerawa merupakan kambing hasil perkawinan silang antara kambing Etawa dengan Kambing Boer. Kambing Boerawa merupakan kambing unggulan karena merupakan jenis kambing yang memiliki fungsi ganda atau sering disebut dengan kambing tipe dwiguna. Kambing Boerawa jantan dapat dimanfaatkan sebagai kambing pedaging karena memiliki performa tubuh yang besar dan tinggi. 

Tidak seperti kambing Etawa, kambing Boerawa memiliki tubuh yang tinggi dan juga besar karena mewarisi gen induknya yakni kambing Boer. Gen dari kambing Boer inilah yang membuat performa tubuh kambing Boerawa lebih besar daripada kambing Etawa. Kambing Boerawa juga memiliki performa tubuh yang lebih tinggi dan panjang dibandingkan dengan kambing Boer. Hal ini dikarenakan kambing Boerawa mewarisi gen kambing Etawa yang memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan panjang.
Baca juga : Cara Fermentasi Jerami dan Debok yang Jitu sebagai Pakan Kambing Tanpa Ngarit

Kambing Boerawa sebagai penghasil Susu yang baik

Kambing Boerawa juga disebut-sebut kambing perah. Kambing Boerawa betina mewarisi sifat dari indukannya yakni  kambing Etawa untuk mampu menghasilkan susu yang banyak. Kambing Boerawa betina juga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh  kambing Etawa betina asli. Kambing Boerawa betina mampu menghasilkan susu sebanyak 3-4 liter per hari pada saat masa laktasi.


Langkah Usaha Budidaya Kambing Boerawa yang Tepat

Untuk menjalankan usaha beternak kambing, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan peternak. Hal ini dikarenakan usaha beternak kambing juga bertujuan untuk mendatangkan keuntugan bagi para peternak. Berikut ini akan kami ulas langkah-langkah tepat beternak kambing Boerawa:

Persiapan Lahan Pakan

Persiapan lahan pakan sangat penting untuk mengawali usaha ternak kambing apalagi jika kita baru saja memulai. Persiapa lahan pakan  ini untuk mengurangi pengeluaran biaya operasional pembelian bahan pakan. Pabila kita sudah memiliki lahan pakan dan mampu menyediakan sendiri kebutuhan pakan, maka kita bisa menghemat biaya pakan.


Persiapan Kandang

Kandang merupakan tempat berlindungnya ternak dari segala macam cuaca seperti panas, dingin, dan hujan. Kemudian sebaiknya persiapan lokasi kandang juga tidak terlalu dekat dengan pemukiman warga karena akan sangat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih lokasi dan menentukan jumlah dan ukuran kandang berdasarkan tujuan usaha ternak kita.

Pemilihan Bibit Unggul Kambing Boerawa

Faktor genetik emrupakan salah satu faktor yang tidak dapat diubah. Apabila suatu ternak memiliki kualitas pertumbuhan yang jelek, maka akan menurun ke anakannya. Mak dari itu, penting sekali kita emnentukan dan memilih bibit kambing Boerawa yang memiliki kualitas yang baik dengan pertumbuhan yang bani, tidak membawa penyakit, dan memiliki produksi susu yang baik.

Pemeliharaan

Pemeliharaan Kambing Boerawa dilakukan dengan pola intensif. Hal ini lebih baik dilakukan guna mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan pola intensif, pemberian pakan, pengelolaan kesehatan akan sangat memudahkan kita untuk memantau pertumbuhan kambing Boerawa.

Pemberian Pakan

Untuk pemberian pakan, alangkah baiknya jika kita melakukan penjadwalan setiap harinya supaya kambing tidak mengalami stres. Pemberian pakan dilakukan sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan sebaiknya diperhitungkan dan diberikan dengan menghitung komposisi hijauan dan konsentrat.

Perkawinan

Perkawinan kambing dilakukan dengan tujuan untuk memperbanyak anakan, sehingga semakin banyak anakan yang kita pelihara.  Perkawinan kambing juga harus dilakukan pencatatan agar tidak terjadi perkawinan sedarah karen apabila terjadi perkawinan sedarah atau inbreeding akan menyebabkan keturunan yang dihasilkan memiliki sifat yang kurang baik seperti mudah terserang penyakit dan pertumbuhan yang lambat.

Pembersihan kandang

Kandang merupakan tempat tinggal kambing dan tempat dimana kambing melakukan segala aktifitasnya. Kebersihan kandang sangat penting dijaga guna mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti orf, scabies dan antraks.

Pemerahan

Kambing Boerawa memiliki fungsi dwiguna, yaitu sebagai kambing tipe pedaging dan kambing tipe perah. Sebagai kambing perah, kambing Boerawa diperah sebanyak dua kali sehari yakni di pagi hari antara jam 7 pagi sampai jam 9 pagi sementara pada sore hari pada pukul 3 sampai 5 sore.

Pemasaran

Hal terakhir yang penting dilakukan adalah pemasaran. Pemasaran menjadi ujung tombak dalam suatu usaha. Oleh karena itu, peternak perlu memahami jenis-jenis pasar dan cara pemasarannya. Pemasaran kambing boerawa dapat dilakukan dengan pemasaran di pasar kambing atau dijual melalui media sosial.

Itulah ulasan mengenai ternak kambing Boerawa. semoga tulisan mengenai Cara ternak Kambing Boerawa Secara Tepat, Menguntungkan, dan Sukses dapat bermanfaat bagi pembaca. terima kasih telah membaca tulisan ini.
tulisan terkait :
  1. 3+ [Kelebihan Kambing Toggenburg] Lengkap 
  2. 4+ [Kelebihan Kambing Saanen] Lengkap Yang Penting Dipahami 
  3. 5+ Kelebihan Kambing Alpin Lengkap 
  4. 6+ [Cara Ternak Kambing] yang Mudah Tanpa Cari Rumput dan Tanpa Gembala 
  5. Peluang Usaha Budidaya Kambing Etawa di Indonesia yang menjanjikan dan Menguntungkan
  6. Cara Ternak kambing Kacang Secara Tepat dan Cepat Balik Modal serta Menguntungkan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara ternak Kambing Boerawa Secara Tepat, Menguntungkan, dan Sukses"

Posting Komentar