Cara Memasarkan Ternak Kambing Efektif


Permintaan Kambing

Ternakkambing.com-Untuk menjalankan suatu usaha, ujung tombak dari usaha adalah pemasaran. Lalu bagaimana cara memasarkan ternak kambing baik di dalam negeri maupun untuk ekspor? Permintaan jumlah kambing di pasaran baik di domestik maupun untuk ekspor terjadi fluktuatif. Sejak tahun 1998 sampai 2003 terjadi penurunan permintaan ekspor kambing hidup maupun produk olahan kambing (Neraca Perdagangan ternak Kambing-Departemen Pertanian: 2005). Akan tetapi pada akhir-akhir ini permintaan kambing mulai meningkat baik ekspor maupun impor. Salah satu negara yang memiliki permintaan terhadap kambing terutama kambing dalam kondisi hidup adalah negara jiran Malaysia. Seperti disebutkan oleh Kepal Dinas Peternakan Sumbar, Edwardi bahwa Provinsi Sumatera Barat sudah bisa memenuhi kebutuhan ekspor ke Malaysia dengan total ekspor sebanyak 6000 ekor per tahun (kabar24.bisnis.com). Sementara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat saat ini sampai membatasi jumlah ekspor guna menjaga ketersediaan populasi ternak kambing di daerah tersebut. Tentunya hal ini juga menjadi kabar segar bagi peternak bahwa terdapat peluang yang sangat menggiurkan dalam beternak kambing. Kenapa? Hal tersebut menginformasikan bahwa sebenarnya pemasaran ternak kambing sangatlah mudah karena pasar terbuka lebar baik domestik maupun ekspor.
Baca juga : 17+ Penyakit Kambing dan Domba yang Sering Menyerang

Cara Pemasaran Ternak Kambing

Banyak hal yang bisa dilakukan saat ini untuk memasarkan ternak kambing dari mulai memasarkan langsung di pasar kambing sampai memasarkannya di media online. Akan tetapi, bagaimana sebenarnya cara pemasaran ternak kambing yang baik? Tentunya pemasaran ternak kambing atau semua produk jualan yang kita miliki harus didasari dengan kejujuran dan tidak saling merugikan, itulah kunci utama dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan. Lalu, apakah hanya itu saja kiatnya? Tentunya tidak, ada beberapa car yang bisa kita gunakan dalam melakukan pemasaran ternak kambing. Berikut ini beberapa cara pemasaran ternak kambing yang bisa kita terapkan dalam usaha ternak kambing yang kita jalankan.

Pemasaran Kambing di Pasar Kambing

Pemasaran kambing yang dilakukan pasar kambing memang merupakan pemasaran yang sudah umum dan cenderung terkesan kuno. Akan tetapi, pemasaran jenis ini merupakan pemasaran yang sangat efektif mengingat pasar kambing merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli kambing secara langsung. Bahkan di pasar kambing, pembeli bisa melihat langsung jenis dan ukuran kambing yang ia butuhkan. Akan tetapi, kelemahan pemasaran di tempat ini adalah jangkauan pasar yang hanya sebatas wilayah kecamatan dan regional kabupaten.

Pemasaran Kambing Melalui Iklan di Pinggir Jalan

Tentunya ini juga masih merupakan ide yang sangat sederhana jika kita ingin memperluas jangkauan pemasaran ternak kambing. Akan tetapi, langkah ini cukup efektif untuk dapat meningkatkan penjualan ternak kambing milik kita. Dengan memasang iklan berupa sepanduk di pinggir jalan akan memberikan informasi bagi orang yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu akan keberadaan usaha ternak kambing milik kita. Jika suatu saat orang yang melihat iklan kita membutuhkan kambing untuk kegiatan akikah atau kurban, maka tentulah mereka akan teringat untuk menghubungi kita karena telah melihat iklan usaha ternak kambing yang kita pasang.

Pemasaran Ternak Kambing dengan Menyebarkan Selebaran Brosur Iklan

Cara pemasaran ternak kambing yang satu ini juga masih cenderung manual dan memerlukan tenaga, biaya, dan waktu yang cukup banyak. Akan tetapi, pemasaran ternak kambing yang dilakukan dengan cara seperti ini juga akan efektif jika dilakukan pada waktu menjelang hari raya idul adha karena saat tersebut banyak juga orang atau keluarga yang membutuhkan kambing untuk melaksanakan kurban.


Pemasaran Ternak Kambing Melalui Media Facebook

Salah satu jenis media sosial yang sudah lama kita kenal dan masyrakat umum juga mengenalnya adalah facebook. Dengan menggunakan facebook, kita bisa berteman dengan banyak orang dan berkomunikasi dengan mereka. Tentunya akan sangat membantu usaha kita menyebarkan informasi usaha ternak kambing yang kita jalankan dengan menggunakan media facebook.

Pemasaran ternak Kambing menggunakan Media Instagram

Instagram merupakan media sosial yang sekarang sudah begitu populer di kalangan masyarakat. Bisanya instagram digunakan oleh kalangan muda mudi dalam bersosialisasi. Sebagai pengusaha ternak, kita juga tentunya bisa menggunakan instagram untuk memeasrkan produk ternak kambing kita. Bahkan jika kita memasarkan produk kita melalui instagram, maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya iklan. Kita hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet serta follower instagram.


Pemasaran Ternak Kambing Menggunakan Media WhatsApp

Media WhatsApp adalah media sosial yang menggunakan chatting seperti sms di handphone. Dengan menggunakan media ini, kita bisa memasarkan produk yang kita miliki dengan menshare foto ataupun informasi produk ternak kambing yang kita miliki di grup whatsapp. Pemasaran ternak kambing menggunakan whatsapp tidak sangatlah mudah karena kita hanya perlu memiliki grup dan teman sehingga hanya dengan mengambil foto serta memberikan data tentang harga dan sebagainya.


Pemasaran Ternak Kambing Menggunakan Line

Line adalah aplikasi online untuk chatting layaknya whatsapp. Kita bisa mengambil foto ternak kambing kita kemudian mengunggahnya di grum atau mengirimkannya ke daftar teman yang ada di line kita. Dengan begitu, orang lain atau teman kita akan mengetahui bahwa kita sedang melakukan pemasaran ternak kambing. Jiak memang rezeki, tentunya orang akan bertanya harga kambing milik kita dan membelinya.

Pemasaran Ternak Kambing Menggunakan Youtube

Pemasaran ternak kambing menggunakan youtube tentunya merupakan pemasaran yang cenderung lebih canggih dari yang lainnya karena dengan youtube, semua orang bisa melihat produk yang kita miliki. Akan tetapi, jenis pemasaran ternak kambing menggunakan yotube cenderung sulit dan membutuhkan keterampilan yang tinggi. Apabila anda bisa melakukannya, maka pemasaran dengan menggunakan youtube akan membantu anda menjangkau wilayah yang luas bahkan si nusantara.


Pemasaran Kambing dengan Cara Door to Door

Pemasaran ternak kambing dengan cara door to door merupakan pemasaran yang sangat efektif. Akan tetapi, pemasaran dengan menggunakan cara ini memerlukan waktu yang cukup panjang dan keberanian serta keuletan. Kita harus datang dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memasarkan ternak kambing yang kita miliki. Tentunya kegiatan ini seperti kegiatan yang dilakukan oleh mbak-mbak sales yang biasanya mampir ke rumah dan menawarkan produk. Akan tetapi perlu diingat, sebagai peternak dan pengusaha kambing tentunya tidak harus kita datang dari satu rumah ke rumah lainnya. Kita cukup mendatangi rumah makan-rumah makan yang menyediakan olahaan kambing sebagai menunya. Kita bisa memilih pemasaran ke warung makan yang sudah memiliki nama atau warung makan yang masih skala sedang.


Pemasaran Ternak Kambing Dari Mulut ke Mulut

Pemasaran ternak kambing dari mulut ke mulut sebenarnya bukan merupakan pemasaran yang sesungguhnya. Pemasaran dengan cara ini merupakan pemasaran yang terjadi secara alami yang dilakukan oleh orang-orang sekeliling kita baik itu saudara, tetangga dan juga teman. Sebenarnya pemasaran dari satu mulut ke mulut adalah dengan cara kita menjaga nama baik usaha kita dan hubungan kita dengan orang lain. Kejujuran dan rasa menghormati akan berdampak baik bagi usaha kita sehingga orang merasa senang dengan layanan dan produk kambing yang kita jual.

Itulah ulasan mengenai pemasaran ternak kambing yang bisa kita lakukan. Semoga tulisan mengenai Cara Memasarkan Ternak Kambing Efektif bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.
Tulisan lainnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasarkan Ternak Kambing Efektif"

Posting Komentar