Cara Beternak Kambing Boer Secara Tepat dan Sukses Tanpa Merugi


Mengenal Kambing Boer


Ternakkambing.com-Kambing Boer merupakan salah satu primadona dari sekian banyak jenis kambing yang ada di Indonesia. Kambing Boer biasanya dibudidayakan untuk menghasilkan daging kambing. Kambing Boer merupakan jenis kambing tipe pedaging. Hal ini karena kambing Boer merupakan kambing Boer memiliki jumlah daging yang banyak. Rata-rata kambing Boer mampu menghasilkan daging dengan persentase sebanyak 49-50 % dari total bobot kambing Boer.

Kambing Boer juga memiliki keunggulan lainnya dalam hal pertumbuhan berat badan. Kambing Boer mampu tumbuh mencapai 40 kg dalam waktu satu tahun. Dengan pola pakan yang sama, kambing jenis lain hanya mampu tumbuh sebesar 25-30 kg per tahun. Hal inilah yang membuat kambing Boer lebih unggul dibanding kambing lainnya dalam hal kualitas daging sehingga banyak sekali peminat kambing Boer diantaranya rumah makan yang menyediakan masakan daging kambing. Pertimbangan tersebut jatuh pada alasan karena persentase daging kambing Boer lebih banyak dibandingkan dengan persentase kambing jenis lainnya dengan harga yang sama.
Baca juga : Cara ternak Kambing Boerawa Secara Tepat, Menguntungkan, dan Sukses

Bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak kambing Boer, alangkah baiknya jika Anda menegtahui tahapan-tahapan yang tepat untuk memulai usaha ternak kambing Boer. Berikut ini akan diuraikan mengenai langkah-langkah atau cara ternak kambing Boer yang Tepat dan menguntungkan.

Persiapan Lahan Pakan (rumput dan dedaunan) Kambing Boer

Untuk menjalankan usaha budidaya ternak, hal penting yang tidak pernah lepas untuk diperhatikan adalah pakan. Ketersediaan pakan sangatlah penting guna keberhasilan usaha ternak kambing Boer. Oleh karena itu, langkah pertama sebelum memulai usaha ternak, sediakanlah lahan pakan.

Persiapan Pembuatan Kandang dan Lokasi Peternakan

Setelah lahan pakan tersedia, langkah berikutnya adalah persiapan kandang dan lokasi ternak. Alangkah baiknya jika lokasi ternak agak jauh dari pemukiman dan masih bisa mendapat akses transportasi ke lokasi ternak. Pembuatan kandang sebaiknya menggunakan material yang baik dan tahan lama.

Pemilihan Bibit Unggul

Pemilihan Bibit unggul juga sangat menentukan keberhasilan usaha. Dengan memilih bibit yang unggul, maka pertumbuhan ternak kambing yang kita pelihara akan lebih cepat dan dapat menghasilkan untung.

Pemeliharaan 

Pemeliharaan tentunya menjadi faktor eksternal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini karena pemeliharaan memegang peran penting hingga 70% terhadap kesuksesan usaha ternak kambing. Pemeliharaan meliputi pemberian pakan, vaksin dan juga perkawinan.

Pengobatan

Pengobatan dilakukan pada ternak yang terlihat lesu dan sakit. Untuk pengobatan sendiri bisa dengan menggunakan obat-obatan tradisional seperti daun pepaya, sambiloto, dan air kelapa.

Penjualan

Untuk menjalankan usaha ternak kambing Boer, sangatlah penting kita mengetahui aspek pasar dan pemasaran kambing Boer. Pemasaran kambing Boer dapapt diakukan dengan menjual langsung di pasar kambing, rumah makan, atau dengan menjual secara online.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara beternak kambing. Semoga tulisan mengenai Cara Beternak Kambing Boer Secara Tepat dan Sukses Tanpa Merugi. Untuk lebih mengetahui teknis secara detail pemeliharaan ternak kambing Boer, Anda dapa membaca tulisan kami yang lainnya.Terima kasih.
Tulisan terkait :
  1. Kelebihan Kambing Boerawa Lengkap yang Penting untuk dipahami 
  2. Daging Kambing Berdampak Pada Tekanan Darah Tinggi, Hindari Konsumsi Daging Kambing Berlebihan 
  3. Cara Ternak kambing Kacang Secara Tepat dan Cepat Balik Modal serta Menguntungkan 
  4. Peluang Usaha Budidaya Kambing Etawa di Indonesia yang menjanjikan dan Menguntungkan 
  5. 6+ [Cara Ternak Kambing] yang Mudah Tanpa Cari Rumput dan Tanpa Gembala 
  6. Cara Fermentasi Jerami dan Debok yang Jitu sebagai Pakan Kambing Tanpa Ngarit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Beternak Kambing Boer Secara Tepat dan Sukses Tanpa Merugi"

Posting Komentar