9+ Tahapan [Cara Ternak Kambing Jawa] Tanpa Ngarit dan Merumput Tepat


Pengertian Peternakan

Ternakkambing.com-Peternakan merupakan suatu kegiatan atau usaha untuk mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari ternak itu sendiri. Pengertian peternakan sangatlah luas, tidak terbatas hanya pada pemeliharaan ternak saja. Peternakan cakupannya mengarah kepada tujuan yang ditetapkan diawal memulai peternakan dan berkembang seiring kapasitas pasar yang ada. Banyak sekali orang yang memulai beternak, akan tetapi terhenti di tengah jalan karena terkendala berbagai hal yang menghambat usaha ternak itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita semua untuk membuat perencanaan dalam membuat usaha ternak sesuai disebutkan di atas mengenai pengertian peternakan. 
Baca juga : Panduan Lengkap Cara Beternak Kambing Sukses Untuk Pemula
Peternakan kambing merupakan suatu kegiatan atau usaha yang terarah untuk membudidayakan dan mengembangkan ternak kambing dengan skala tertentu yang memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas serta penanganan yang baik dan juga pemasaran yang tepat sehingga dapat menciptakan peluang untuk mendapatkan keuntungan secara berkelanjutan. Beternak kambing dibagi menjadi tiga yaitu beternak yang bertujuan untuk menghasilkan anakan untuk dijual, beternak untuk membesarkan kambing lepas sapih menjadi dewasa dan siap dipasarkan, atau usaha membudidayakan kambing dengan menghasilkan anakan serta membesarkan anakan tersebut sampai siap dijual. Bahkan saat ini, usaha ternak kambing sudah ada yang baru lagi yaitu beternak dengan tujuan untuk menghasilkan susu saja.

Tahapan Ternak Kambing

Untuk mencapai keberhasilan dalam usaha ternak kambing, kita tidak bisa sembarangan dalam memulai usaha ternak. Banyak hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:


Penentuan Tujuan

Penentuan tujuan sangat penting dalam memulai setiap usaha khususnya usaha ternak. Oleh karena itu, sebaiknya tentukan tujuan terlebih dahulu untuk memulai usaha ternak kambing.

Analisa Modal

Modal juga merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu, terlebih dahulu sebaiknya kita analisa dengan baik modal yang kita memiliki berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

Pembuatan Kandang Kambing

Pembuatan kandang kambing juga penting diperhatikan dengan memperhatikan tujuan dan skala peternakan.

Pembuatan Lahan Pakan Kambing

Sebelum memulai usaha peternakan, alangkah baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu lahan pakan sebagai suplai pakan ternak kambing kita.

Pemilihan Bibit Kambing

Pemilihan bibit penting dilakukan guna keberhasilan peternakan karena salah satu hal yang menentukan keberhasilan peternakan adalah genetik yang diperoleh melalui pemilihan bibit.

Pengaturan Perkawinan

Pengaturan perkawinan dilakukan dengan melakukan penjdawalan atau pengkalenderan, sehingga tidak sia-sia kita memberi pakan kambing.

Manajemen Pakan

Manajemen atau pengaturan pakan sangat penting diperhatikan karena selain faktor genetik, manajemen pakan juga merupakan faktor eksternal dalam menentukan keberhasilan beternak

Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin juga penting untuk mencegah timbulnya penyakit pada ternak itu sendiri.


Pemasaran

Pemasaran juga penting diperhatikan, guna mencapai keberhasilan peternakan. Akan sia-sia jika kita melakukan usaha peternakan jika tidak memperhatikan pemasaran karena tujuan utama usaha adalah memperoleh keuntungan dengan melakukan pemasaran.

Itulah ulasan tentang tahapan cara ternak kambing jawa tanpa ngarit. semoga tulisan mengenai Tahapan Cara Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit dan Merumput Tepat dapat bermanfaat. terima kasih telah membaca tulisan ini.
tulisan lainnya: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Tahapan [Cara Ternak Kambing Jawa] Tanpa Ngarit dan Merumput Tepat"

Posting Komentar