5+ Kelebihan Ternak Kambing Kacang Lengkap


Kelebihan Ternak Kambing Kacang



Ternakkambing.com-Terkadang kita bingung untuk memilih jenis ternak dan apa saja resikonya jika memilih salah satu jenis ternak tertentu. Seperti halnya untuk memilih jenis kambing sebagai hewan ternak. Di dunia ada lebih dari dua puluh jenis kambing. Sedangkan di Indonesia ada sekitar 12 jenis kambing yang sudah mulai diternakkan. Salah satu dari sekian banyak jenis kambing di Indonesia yang diternakkan adalah kambing kacang. Berikut ini akan kami ulas mengenai Kelebihan Kambing Kacang.
Baca juga: 25+ [Jenis-Jenis Kambing] di Indonesa dan Dunia lengkap

Kambing kacang


Kambing Kacang adalah kambing asli Indonesia yang sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia terutama di daerah Jawa. Kambing Kacang dinyatakan merupakan kambing asli Indonesia dan Malaysia (Davendra dan Burn, 1994).  Hal ini mengindikasikan bahwa kambing kacang sudah lama sekali diternak oleh masyarakat Indonesia sejak zaman Kerajaan. Biasanya masyarakat Indonesia memelihara kambing kacang dengan cara dilepas liarkan di padang gembala atau di pekarangan. Akan tetapi, dengan mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi serta pengetahuan pola beternak kambing kacang telah berubah. Sebagian masyarakat sudah menerapkan pola semi intensif. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola pikir dan kemajuan teknologi. Selain itu ada juga sebab-sebab lain yaitu menyempitnya lahan pertanian di Indonesia sehingga mendorong masyarakat untuk menerapkan pola semi intensif bahkan intensif.

Kelebihan Kambing Kacang

Banyak sekali jenis kambing yang dapat dibudidayakan di Indonesia. Akan tetapi, perlu kita ketahui kelebihan jenis kambing untuk dibudidayakan yaitu salah satunya adalah kambing kacang. Berikut ini kelebihan kambing Kacang:

  • Kambing kacang sangat adaptif terhadap cuaca dan kondisi pakan di Indonesia


Kambing kacang sangat adaptif terhadap cuaca di Indonesia karena kambing kacang merupakan kambing asli Indonesia. Selain itu kambing kacang juga sangat toleran terhadap kondisi pakan yang ada di Indonesia karena sudah sejak lama kambing kacang hidup dengan pakan asli yang tumbuh di Indonesia. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri jika peternak memilih kambing kacang sebagai ternak pilihan karena kambing kacang sangat mudah dalam perawatan terutama pemberian pakan. 
  • Kambing Kacang sangat produktif

Kambing kacang merupakan kambing yang sangat mudah sekali untuk berproduksi. Bahkan untuk betina usia 8 bulan sudah bisa dikawinkan dengan pejantan. Rata-rata indukan betina bisa melahirkan sampai 3 kali dalam dua tahun. Persentase melahirkan kembar dari indukan kambing kacang adalah sekitar 52%. Bahkan indukan kambing kacang bisa melahirkan kembar tiga berkisar 2.6%, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.
  • Perawatan Kambing Kacang sangat mudah

Kambing kacang merupakan kambing asli Indonesia, hal ini berpengaruh terhadap perawatan kambing kacang. Kambing kacang tidak perlu perawatan yang sulit seperti pada perawatan kambing lainnya. Bahkan kambing kacang dapat dapat diternakkan hanya dengan cara yang tradisional yaitu dengan dilepasliarkan di padang gembala. Akan tetapi, karena sifatnya yang sangat agresif lebih baik memelihara pejantan dewasa di kandang atau dengan mengikatkan tali jika memang mau digembalakan. Hal ini dikarenakan kambing kacang pejantan dewasa sering beradu tanduk jika bertemu pejantan dewasa lainnya.
  • Kambing Kacang tidak mudah terserang Penyakit

Kambing Kacang merupakan jenis kambing asli Indonesia yang sudah lama berkembang biak di Indonesi. Hal ini menyebabkan kambing kacang sangat tahan terhadap perubahan cuaca di Indonesia sehingga kambing kacang mampu bertahan terhadap berbagai penyakit yang menyerang kambing. Umumnya, kambing kacang yang diternak dengan cara dilepasliarkan malah lebih tahan terhadap berbagai penyakit karena kambing kacang sangat aktif bergerak.
  • Kambing Kacang Lebih disukai pembeli

Kambing kacang memiliki ukuran tubuh sedang. Kambing kacang memiliki rangka yang tidak terlalu besar dan daging yang tidak terlalu padat seperti kambing Boer. Kambing kacang merupakan kambing asli Indonesia sehingga sudah banyak peternak yang memlihara kambing kacang. Oleh karena populasi kambing kacang yang banyak dan kambing kacang sangat produktif serta tidak terlalu besar berpengaruh terhadap harga kambing itu sendiri. Masyarakat lebih suka membeli kambing kacang kaena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

Itulah penjelasan mengenai Ternak Kambing Kacang. Semoga tulisan mengenai Kelebihan  Kambing Kacang dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian penjelasan mengenai Kambing Kacang. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya menegenai Ternak Kambing.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5+ Kelebihan Ternak Kambing Kacang Lengkap"

  1. Artikelnya menarik, website ini lengkap banget. Makasih gan

    BalasHapus