5+ Kelebihan Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari Lengkap


Kelebihan Ternak Kambing Etawa


Ternakkambing.com-Apabila anda ingin memulai usaha ternak kambing, maka sebaiknya anda perlu cermat dalam memilih jenis kambing apa yang perlu anda pelihara. Pemilihan jenis kambing dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah orientasi usaha. Semisal apabila anda ingin memulai usaha ternak kambing dengan orientasi untuk memproduksi daging dengan kualitas baik, maka hendaknya anda memilih jenis kambing Boer sebagai pilihan. Apabila anda lebih memilih untuk memproduksi susu, maka alangkah baiknya jika anda memilih kambing Etawa atau Jamnapari sebagai pilihan ternak anda. Berikut ini penulis akan memaparkan mengenai kelebihan kambing Etawa atau Kambing Jamnapari.

  Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari


Kambing Etawa adalah kambing yang sangat terkenal di India. Kambing Etawa berasal dari Cakarnagar, Etawah, Negara Bagian Utar Prades. Kambing Etawa hidup di sepanjang daratan antara Sungai Jamuna dan Sungai Cambal, Negara di bagian Prades India. Kambing Etawa merupakan kambing perah yang dimanfaatkan susunya. Kambing Etawa mampu memproduksi sampai 0.6-0.78 liter per hari pada saat masa laktasi. Berikut ini keunggulan kambing Etawa yang perlu pembaca ketahui jika ingin memulai usaha ternak kambing.

  • Kambing Etawa mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak


Kambing Etawa merupakan kambing perah sehingga mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak saat periode laktasi. Rata-rata produksi susu kambing Etawa per harinya adalah 0.6-0.78 selama masa laktasi. Hal inilah yang biasanya membuat masyarakat memiliki minat yang tinggi untuk membudidayakan kambing Etawa. Susu kambing Etawa sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya memberikan gizi yang baik dan juga mampu mengurangi tekanan darah tinggi, menjauhkan dari stroke dan juga mengobati maagh.

  • Kambing Etawa memiliki postur badan yang tinggi dan besar


Selain dapat dimanfaatkan sebagai penghasil susu, kambing Etawa juga dapat dimanfaatkan dagingnya. Karena perawakan kambing Etawa yang tinggi dan ramping, persentase karkas tidak sebanyak kambing Boer. Akan tetapi pejantan kambing Etawa dapat dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi

  • Kambing Etawa merupakan Indukan yang bagus untuk disilangkan


Kambing Etawa memiliki postur yang tinggi dan panjang, hal ini yang menyebabkan kambing Etawa sangat disukai oleh peternak. Kambing Etawa sangat baik sebagai indukan untuk dikawin silang dengan kambing Boer dan jenis kambing-kambing lain.

  • Kambing Etawa sangat diminati konsumen


Baik betina ataupun pejantan kambing Etawa sangat diminati oleh konsumen. Hal ini disebabkan karena kambing Etawa memiliki postur yang tinggi dan panjang. Alasan inilah yang terkadang membuat konsumen memilih kambing Etawa sebagai kambing kurban karena memiliki postur yang tinggi sehingga terkesan gagah dan besar.  Kambing Etawa juga diminati peternak baru untuk dijadikan sebagai indukan dalam melakukan kawin silang untuk menghasilkan jenis bibit baru.

Itulah pemaparan mengenai Kelebihan Kambing Etawa yang perlu pembaca ketahui. Semoga tulisan tentang kelebihan Kambing Ettawa dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca kususnya. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya terkait ternak kambing. Terima kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Kelebihan Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari Lengkap"

Posting Komentar